Rabu, 05 Desember 2012

Glombang Elektro magnetik by ferti lova

*. GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

 

Pengertian Gelombang Elektromagnetik Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat Medan listrik walau tidak ada medium. Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal yang gangguannya berupa medan listrik E dan medan magnet B saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus arah rambat gelombang. Karena gangguangelombang elektromagenik adalah medan listrik dan medan magnetik makagelombang elektromagnetik dapat merambat dalam vakum. Semua jenis gelombang elektromagnetik merambat dalam vakum dengan kecepatan sama yaituc = 3 x 108 m/s yang disebut denan tetapan umum. Medan Magnet Y X Arah Gelombang ZSpektrum Gelombang Elektromagnetik Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjanggelombang dan frekuensinya disebut spektrum elektromagnetik. Gambar spectrumelektromagnetik di bawah disusun berdasarkan panjang gelombang (diukur dalamsatuan _m) mencakup kisaran energi yang sangat rendah, dengan panjanggelombang tinggi dan frekuensi rendah, seperti gelombang radio sampai ke energiyang sangat tinggi, dengan panjang gelombang rendah dan frekuensi tinggi sepertiradiasi X-ray dan Gamma Ray. 1. Gelombang Radio Gelombang radio dikelompokkan menurut panjang gelombang ataufrekuensinya. Jika panjang gelombang tinggi, maka pasti frekuensinya rendah

·  3. atau sebaliknya. Frekuensi gelombang radio mulai dari 30 kHz ke atas dandikelompokkan berdasarkan lebar frekuensinya. Gelombang radio dihasilkan olehmuatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan ini dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator.Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan diterima oleh antena pula.Kamu tidak dapat mendengar radio secara langsung, tetapi penerima radio akanmengubah terlebih dahulu energi gelombang menjadi energi bunyi. 2. Gelombang mikro Gelombang mikro (mikrowaves) adalah gelombang radio denganfrekuensi paling tinggi yaitu diatas 3 GHz. Jika gelombang mikro diserap olehsebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu. Jika makananmenyerap radiasi gelombang mikro, maka makanan menjadi panas dalam selangwaktu yang sangat singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam microwaveoven untuk memasak makanan dengan cepat dan ekonomis. Gelombang mikro juga dimanfaatkan pada pesawat RADAR (RadioDetection and Ranging) RADAR berarti mencari dan menentukan jejak sebuahbenda dengan menggunakan gelombang mikro. Pesawat radar memanfaatkan sifatpemantulan gelombang mikro. Karena cepat rambat glombang elektromagnetik c= 3 X 108 m/s, maka dengan mengamati selang waktu antara pemancaran denganpenerimaan. 3. Sinar Inframerah Sinar inframerah meliputi daerah frekuensi 1011Hz sampai 1014 Hz atau daerah panjang gelombang 10-4 cm sampai 10-1 cm. jika kamu memeriksa spektrum yang dihasilkan oleh sebuah lampu pijar dengan detektor yangdihubungkan pada miliampermeter, maka jarum ampermeter sedikit diatas ujungspektrum merah. Sinar yang tidak dilihat tetapi dapat dideteksi di atas spectrum merah itu disebut radiasi inframerah. Sinar infamerah dihasilkan oleh elektron dalam molekul-molekul yang bergetar karena benda diipanaskan. Jadi setiap benda panas pasti memancarkansinar inframerah. Jumlah sinar inframerah yang dipancarkan bergantung pada suhu dan warna benda.

.

Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik Gelombang elektromagnetik memiliki sifat-sifat     sebagai berikut:

 1. Gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang tanpa medium

2. Gelombang Elektromagnetik merupakan gelombang transversal.

3. Gelombang elektromagnetik tidak memiliki muatan listrik sehingga bergerak lurus dalam medan magnet maupun medan listrik.

4. Gelombang elektromagnetik dapat mengalami pemantulan (refleksi), pembiasan (refraksi), perpaduan (interferensi), pelenturan (difraksi), pengutuban (polarisasi).

 5. Perubahan medan listrik dan medan magnet terjadi secara bersamaan, sehingga medan listrik dan medan magnet sefase dan berbanding lurus.

 ·  6. Konsep Gelombang Elektromagnetik Keberadaan gelombang elektromagnetik didasarkan pada hipotesisMaxwell “James Clark Maxwell ” dengan mengacu pada 3 fakta relasi antaralistrik dan magnet yang sudah ditemukan :

a. percobaan Oersted yang berhasil membuktikan : arus listrik dalam konduktor menghasilkan medan magnet disekitarnya (jarum kompas menyimpang bila di dekatkan pada kawat yang dialiri arus listrik)

b. percobaan Faraday yang berhasil membuktikan batang konduktor yang menghasilkan GGL induksi pada kedua ujungnya bila memotong medan magnet

 c. percobaan Faraday yang menunjukkan perubahan fluks magnetik pada kumparan menghasilkan arus induksi dalam kuparan tersebut Didasarkan pada penemuan Faraday “Perubahan Fluks magnetik dapat menimbulkan medan listrik” dan arus pergeseran yang sudah dihipotesakan Maxwell sebelumnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar